Sejarah dan Cara Lomba Panjat Pinang

Gambar dari www.google.co.id

Siapa yang tidak tahu dengan perlombaan panjat pinang, untuk orang yang tinggal di desa pasti pernah melihat perlombaan yang menurut sebagain orang membahayakan itu. Mengingat perlombaan ini membutuhkan keahlian tersendiri maka perlombaan ini kalau dikampung ane dikhusukan untuk pria remaja dan dewasa. Padahal hadiahnya tidak seberapa besar, terkadang ada sepeda digantung atau TV itu hanya bungkusnya saja supaya kelihatnya meriah, tapi sebelumnya peserta sudah mengetahui kalau itu hanya formalitas saja tapi peserta asyik-asyik saja mengikuti lomba panjat pinang sekedar untuk memeriahkan peringatan HUT RI dan selebihnya sebagai hiburan saja.

Sejarah Lomba Panjat Pinang

Berikut sejarah lomba panjat pinang berdasarkan pencarian dari google.co.id.

Sebelum masuk ke dalam negeri, ternyata ada beberapa negara yang memainkan lomba panjat pinang ini. Contohnya di Taiwan, perlombaan panjat pinang yang pertama kali ada jaman dinasti ming ini menjadi suatu perlombaan wajib saat memperingati festival hantu.

Di Indonesia sendiri permainan panjat pinang ada ketika jaman penjajahan Belanda. Perlombaan ini diadakan oleh orang-orang belanda untuk memperingati suatu acara atau untuk memeriahkan suatu acara tertentu. Namun yang mengikuti perlombaan panjat pinang ini adalah semuanya dari warga Indonesia. Kenapa pesertanya warga Indonesia? Ya karena hadiah yang diperebutkan adalah barang mewah pada jaman itu. Apa hubungannya dengan para penjajah? Jadi ketika warga Indonesia berebut dengan kerja keras mendapatkan barang-barang yang berada diatas pinang tersebut, disisi lain ada para penjajah yang menonton dan menikmati sambil tertawa melihat kelakuan warga Indonesia.

Alat dan Bahan:

  1. dua bambu basah (diameter agak besar)
  2. alat untuk menyisik dan membersihkan bambu 
  3. alat penggali untuk menancapkan bambu
  4. Tali tampar untuk mengikat panjat pinang supaya seimbang
  5. hadiah (untuk digantungin dilingkaran panjat pinang) biasanya ada 2 tingkat
  6. oli untuk pelicin
  7. siapkan air untuk menyiram bambu supaya tetap kondisi basah, dan untuk bersih-bersih peserta usai lomba
  8. tangga (antisipasi jika dalam waktu 1 jam tidak ada yang berhasil mencapai puncak)
Cara Bermain:
  1. peserta dibuat dua grup, satu grup biasanya 4-5 orang, satu grup untuk satu panjat pinang
  2. peserta paling besar berdiri paling bawah, peserta lainnya memanjat dan naik punggung temannya secara hati-hati.
  3. kalau peserta sudah mau mencapai atas, jika baru mulai kayaknya tidak seru kalau langsung ada yang jadi pemenang, panitia biasanya menyeborkan air kepeserta supaya tumbang.
  4. jika dalam batas waktu yang telah ditentukan oleh panitia tidak ada yang berhasil mencapai atas, panitia menambah jumlah peserta atau kalau sudah pada kecapean jalan terakhir dinaiki memakai pakai tangga.
Tonton Video panjat pinang dikampung ane, pada peringatan HUT RI ke-70 tahun 2015.


By. Admin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah dan Cara Lomba Panjat Pinang"

Posting Komentar