Sejarah dan Cara Lomba Tarik Tambang

Sejarah dan Cara Lomba Tarik Tambang
Gambar dari www.google.co.id
Tarik tambang merupakan salah satu jenis perlombaan yang pasti ada dalam kegiatan peringatan kemerdekaan RI atau sering kita menyebutnya lomba 17an, Tarik tambang dimainkan secara berkelompok, butuh kerjasama dan kekompakan masing-masing anggotanya. Namun tidak semua mengetahui Sejarah dari Lomba Tarik Tambang? berikut dibawah ini keterangan yang ane tulis hasil pencarian di google, 

Sejarah Lomba Tarik Tambang

Jaman dahulu warga Indonesia saat penjajahan Belanda menggunakan tali tambang yang besar dalam pekerjaan mereka. Ketika ingin menarik benda berat seperti batu, pasir, dan lainnya warga Indonesia menggunakan tali tambang yang ditarik bersama-sama. Dengan perkembangan jaman waktu itu dan kurangnya hiburan bagi para penjajah maka ini dibuat menjadi suatu lomba hiburan yang pesertanya bisa antara warga Indonesia, antara Pribumi dan Belanda, bisa juga antar prajurit Belanda. Intinya yang berawal dari teknik bekerja dijadikan sebagai lomba untuk hiburan. Begitulah sejarah singkatnya lomba tarik tambang.

Alat dan Bahan:
  1. Tambang besar
  2. Tali plastik untuk pembatas ditengah-tengah tambang (selain tali boleh diganti kain atau yang lainnya untuk ciri)
  3. Kapur atau bambu untuk membuat 3 garis Horozontal

Cara Bermain:
  1. Persiapkan kedua regu untuk menempati posisinya masing-masing
  2. Persiapan untuk menarik tali
  3. Peluit dibunyikan
  4. Saling tarik-menarik
  5. Dilakukan dengan dua ronde permainan, setiap ronde ada pergantian tempat/wilayah. Jika pada ronde kedua terjadi "seri" maka ada tambahan ronde dan seterusnya sampai ada yang keluar sebagai pemenang.
Pemenang:

Peserta grup dinyatakan menang apabila berhasil menarik tambang sampai pembatas kain berada dibaris horizontal ke wilayahnya secara berturut-turut atau mempunyai nilai kemenangan paling banyak.

Permainan Tarik tambang ini dapat melatih kerapihan koordinasi masing-masing kelompok, selain itu butuh trik jitu agar menjadi pemenang misal yang badannya besar ditempatkan dibagian belakang, teknik cara memegang tambang, teknik kaki menapak ditanah dan lain sebagainya. Selain itu motivasi suporter sangat mendukung kemenangan suatu tim. Ditempat ane, biasanya diiringi dengan musik kendang kalangan (musik pencak silat).

Berikut video yang ane ambil pada peringatan HUT RI yang ke 70 dikampung ane, silahkan di tonton.


By. Admin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah dan Cara Lomba Tarik Tambang"

Posting Komentar